Fakta Penting Lubang Jerawat Atau Bopeng

Lubang jerawat atau bopeng merupakan bekas luka akibat jerawat yang tertinggal secara permanen di permukaan kulit. Biasanya kondisi ini sering dialami ketika masa remaja hingga dewasa. Ukuran, bentuk dan kedalaman lubang jerawat (bopeng) bervariasi.
bopeng cara menghilangkan bekas jerawat yang berlubang
Luka jerawat terbagi beberapa tipe, salah satunya adalah boxcar scar yang terlihat seperti pori-pori besar tak normal. Ukuran tampak lebih bulat dan bentuk lekungan lebih halus bila dibandingkan tipe ice pick scar yang lebih dalam dan bergerigi atau runcing. Lain pula dengan rolling scar, menciptakan bekas jerawat dengan tekstur bergelombang di permukaan kulit.

Mengapa bekas jerawat bisa berlubang? Ini akibat jerawat menghancurkan kulit dan membentuk jaringan parut atau bekas luka. Area kulit yang terinfeksi tidak mampu membentuk kolagen dan sel-sel pertumbuhan baru sehingga bekas luka tidak tersamarkan dengan sempurna.

Menurut laporan The American Academy of Dermatology, bekas jerawat yang berlubang semakin bertambah parah akibat usia, bahkan semakin sulit diobati. Namun seiring berkembangnya teknologi kedokteran, beragam pengobatan yang efektif mengurangi lubang jerawat atau bopeng.

Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang berlubang dari permukaan kulit? Metode dermatologis yang terbukti ampuh adalah chemical peel dan dermabrasi. Suntikan silikon dan filler juga efektif mengurangi lubang jerawat, entah itu tipe boxcar atau ice pick. Cara lain yang efektif dan hanya boleh dilakukan atas pengawasan dokter kulit profesional adalah perawatan laser. Semua metode dermatologis lebih mahal, tapi hasilnya optimal.

Pilihan terakhir, metode laser, melarutkan sel-sel kulit yang tidak normal dan mempromosikan pertumbuhan sel-sel baru untuk mengisi bekas jerawat yang berlubang. Metode ini terbagi menjadi tiga jenis, yakni ablative, fraxel dan profractional. Ablative membakar lapisan teratas kulit untuk melahirkan lapisan kulit baru, sedangkan fraxel dan profractional menutupi lubang jerawat pada area yang spesifik dengan pertumbuhan sel-sel baru.

Fakta Penting Lubang Jerawat Atau Bopeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment