Penyebab Utama Jerawat Di Punggung

Jerawat bukan hanya menyerang kulit wajah saja, namun beberapa bagian tubuh dan salah satunya adalah punggung. Kenapa? Bagaimana cara mengatasinya?
Identifikasi awal
Munculnya jerawat di area punggung disebut 'back acne' atau 'bacne', meskipun begitu, penyakit ini bisa menginfeksi beberapa bagian tubuh lainnya seperti bokong, bahu dan dada. Terbentuknya jerawat karena sebum diproduksi terlalu banyak.

Seseorang rentan jerawatan ketika pori-pori kulit tersumbat. Hal itu terjadi bila produk sebum terlalu banyak. Pori-pori tersumbat secara otomatis memblokir sel-sel kulit mati sehingga tak bisa terlepas dari area tubuh. Tentu saja, pertumbuhan bakteri semakin meningkat dan meradangkan jaringan kulit, jadilah jerawat!

Pencegahan
Jerawat di area punggung tidak bisa diatasi dengan produk pembersih jerawat untuk kulit wajah, itu dikarenakan kulit punggung lebih tebal dari kulit wajah. Cara terbaik mengatasi atau mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yaitu memakai produk pembersih yang mengandung benzyol peroksida (benzyol peroxide). 

Cegah terjadinya penyumbatan pori-pori dengan melakukan eksfoliasi sekali dalam seminggu, eksfoliasi sendiri merupakan cara menghilangkan bekas jerawat di punggung. Segera mandi setelah beraktifitas berat hingga berkeringat, kenakan pakaian dari bahan katun dan ganti seprai secara rutin.

Pertimbangan tertentu
Selain faktor kebersihan, salah satu penyebab jerawat adalah hormon atau gen. Jadi, bila dalam sebuah keluarga, ayah/ibu bermasalah dengan jerawat, maka sang anak juga rentan mengalami hal yang sama. Jerawat akan lebih mudah tumbuh subur bila tak memperhatikan kebersihan tubuh dan pakaian. Iritasi kulit juga akan memperburuk jerawat punggung sehingga pecah dan meninggalkan bekas luka.

Pandangan pakar kesehatan
Menurut pakar ahli kesehatan kulit, makanan berminyak atau tekanan rutinitas/stres akan memperburuk kondisi jerawat. Metode perawatan harus dilakukan dengan hati-hati, bila salah bertindak maka jerawat bisa terbuka dan tinggalkan bekas luka. Kurang yakin? Coba konsultasikan langsung ke dokter kulit.

Penyebab Utama Jerawat Di Punggung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment