Penyebab Utama Jerawat Di Kulit Badan

Beberapa orang merasa tak percaya diri dengan kulit wajah berjerawat, akan tetapi lebih menyiksa ketika jerawat tumbuh di beberapa bagian tubuh. Bukan hal mudah untuk mengatasinya dan alangkah baiknya jika mengetahui penyebab utama, sehingga bisa dilakukan pencegahan dan menerapkan metode pengobatan terbaik.
Apa itu jerawat badan

Jerawat badan adalah masalah kesehatan kulit tanpa memandang usia dan jenis kelamin, tumbuh di beberapa bagian seperti bokong, lengan, punggung dan dada. Penyebab utamanya tak jauh berbeda dari jerawat di kulit wajah, yakni penyumbatan pori-pori dan produksi minyak berlebih.

Jerawat sering dipicu oleh beberapa hal, seperti kandungan kimia dari produk pembersih badan ataupun keringat. Selain itu, faktor genetik turut berperan serta. Bila orang tua berjerawat, keturunan bisa mengalami hal serupa.

Penyebab jerawat badan

Kandungan kimia, minyak, bakteri dan kelebihan keringat memperburuk kesehatan kulit dan sebabkan jerawat. Meski kebersihan tubuh termasuk salah satu faktor penyebab jerawat, tetapi beberapa kasus membuktikan hal yang berbeda. Bila terlalu sering mencuci kulit dengan sabun dan produk pembersih yang keras, maka memperburuk dan memperparah jerawat.

Jerawat tumbuh karena ketidakseimbangan hormon, terutama pada masa pubertas dan menstruasi. Ketidakseimbangan hormon sebabkan produksi sebum meningkat sehingga kulit rentan berjerawat, baik wajah ataupun badan.

Beberapa produk sabun atau deterjen tertentu sebabkan jerawat pecah, jadi pemilik kulit sensitif wajib waspada. Jerawat di badan juga disebabkan pergantian produk deterjen pakaian.

Perawatan jerawat badan

Bagaimana cara menghilangkan jerawat di badan? Bila jerawat tumbuh diakibatkan produk deterjen atau pembersih merek baru, maka segera hentikan pemakaian. Dalam beberapa kasus, sabun atau produk pembersih tertentu tidak sepenuhnya patut dipersalahkan. Justru keringat dan kelebihan produksi minyak yang patut dicurigai.

Bagi pemilik kulit berminyak, bersihkan badan dengan produk pembersih yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Gunakan sekali atau dua kali dalam sehari. Bila jerawat terus bermasalah, gunakan pengobatan resep, tapi konsultasikan ke dokter kulit terlebih dahulu.

Pencegahan
  1. Kenakan busana yang terbuat dari kain katun karena kulit tidak mudah berkeringat. Jangan kenakan pakaian ketat.
  2. Cuci tubuh dengan produk anti jerawat, cukup sehari atau dua kali sehari. Bila habis beraktifitas berat dan berkeringat, segera mandi!
  3. Tetapkan pola makan sehat dengan kandungan gizi seimbang, mulai dari biji-bijian, sayuran hingga buah-buahan.

Penyebab Utama Jerawat Di Kulit Badan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment