Pengobatan Rumahan Atasi Jerawat Di Kulit Tubuh

Jerawat bisa tumbuh bebas di permukaan tubuh, entah itu punggung, dada, leher ataupun wajah. Mengatasi jerawat di kulit wajah mungkin sedikit lebih mudah daripada bagian tubuh lainnya. Akan tetapi, beberapa metode pengobatan rumahan juga termasuk cara menghilangkan jerawat di badan.
Membersihkan badan

Cara terbaik mengatasi dan menyembuhkan jerawat di badan, terutama punggung sedikit lebih sulit. Bila tak mungkin membersihkan area punggung, minta bantuan orang lain untuk menggosokkan sabun lembut sesuai tipe kulit. Bilas punggung dan jangan digosok terlalu kencang.

Menggosok punggung terlalu agresif bisa melukai jerawat, sehingga pecah dan menimbulkan luka terbuka. Ketika mencuci atau membersihkan tubuh, lakukan secara perlahan dan tak perlu berlama-lama.

Merawat tubuh

Merawat kebersihan tubuh itu penting dalam proses pencegahan dan penyembuhan jerawat. Bila jerawat tumbuh di area punggung, oleskan salep minyak pohon teh (tea tree oil) ke daerah terinfeksi. Minta bantuan orang lain untuk mengoleskan ke punggung bila tak mampu melakukannya sendiri.

Tea tree oil memiliki kandungan yang sama efektif dengan krim benzoil peroksida (benzoyl peroxide), tetapi tanpa sebabkan efek samping berbahaya bagi kulit seperti merah-merah, gatal-gatal, terbakar atau mengelupas.

Gunakan masker

Buatlah masker dari bahan-bahan alami yang tersedia di dapur. Oatmeal memiliki kandungan yang baik untuk kulit, itu sering digunakan untuk melawan jerawat serta mengatasi peradangan dan iritasi kulit. Bagaimana membuat masker dari oatmeal?

Rebus dua cangkir air panas dan masukkan satu cangkir oatmeal polos. Setelah matang, biarkan oatmeal dingin terlebih dahulu sehingga siap dioleskan ke permukaan tubuh yang terinfeksi jerawat.

Biarkan masker oatmeal menempel di permukaan kulit selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker sekali dalam seminggu untuk menghaluskan kulit dan mencegah iritasi.

Pengobatan Rumahan Atasi Jerawat Di Kulit Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment