Langkah Terbaik Bersihkan Jerawat di Punggung

Jerawat punggung disebabkan produksi sebum yang berlebih. Meskipun bukan masalah kesehatan serius, tapi terasa menyebalkan bila dibiarkan begitu saja. Jerawat yang tak dirawat dengan baik justru berbahaya, karena jika pecah akan tinggalkan bekas luka permanen. Itu akan merusak keindahan kulit punggung. Lalu, adakah cara menghilangkan bekas jerawat di punggung?
Pengobatan medis

1. Metode laser terbukti ampuh menghilangkan bekas jerawat di beberapa area tubuh, termasuk punggung. Laser akan melepaskan lapisan atas permukaan kulit yang terinfeksi sehingga bekas luka jerawat berkurang. Metode ini hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit professional, selain efektif hilangkan bekas luka jerawat, laser juga bantu atasi kulit kemerahan.

2. Dermabrasi merupakan metode operasi sederhana yang digunakan untuk menghilangkan luka bekas jerawat dan hanya boleh dilakukan oleh dokter kulit profesional. Metode ini akan melepaskan lapisan atas kulit sehingga kedalaman luka jerawat berkurang.

3. Metode mikrodermabrasi mirip dermabrasi tetapi tidak terlalu frontal. Dalam metode ini, dokter kulit akan mengangkat lapisan terluar kulit dengan butiran kristal kecil. Meski terdengar sederhana, pasien yang ingin mencoba metode mikrodermabrasi perlu menjalani beberapa perawatan, namun tidak terlalu efektif bila dibandingkan metode dermabrasi.

4. Terapi fotodinamik juga ampuh menghilangkan luka bekas jerawat di punggung meskipun awalnya digunakan untuk mengobati kanker. Terapi ini diawali metode mikrodermabrasi, setelah itu dokter akan oleskan photosensitizing agent ke kulit sehingga lebih peka terhadap cahaya. Terakhir, kulit punggung akan menjalani terapi cahaya (light therapy) yang berfungsi mengurangi luka jerawat.

Percepat proses penyembuhan

Bekas luka jerawat akan terus berkurang dengan cepat bila penderita menerapkan tiga langkah berikut:
  1. Lindungi kulit dari sinar matahari karena dapat merusak, memperburuk dan memperlambat proses penyembuhan.
  2. Minum banyak air putih akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga proses penyembuhan jadi lebih cepat.
  3. Waktu tidur cukup. Tidur dalam waktu yang cukup akan bantu tubuh memproduksi sel-sel untuk mempercepat proses pemulihan luka jerawat.

Langkah Terbaik Bersihkan Jerawat di Punggung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment