Gaya Hidup & Pola Makan Sehat Atasi Jerawat

Masalah jerawat terus datang tanpa henti meski sudah menjalani pengobatan? Saatnya mengubah hidup! Mencegah lebih baik daripada mengobati, menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat termasuk cara menghilangkan jerawat di badan dan wajah. Apa saja yang harus dilakukan?
1. Perbanyak minum air. Tak masalah bila minum air lebih dari 8 gelas sehari, justru itu lebih baik. Beberapa fakta tentang air:
  • Air mengusir racun berbahaya dari dalam tubuh. Bila tubuh bebas racun, kulit secara alami jadi tampak lebih bersih.
  • Air bikin kulit jadi lebih elastis.
2. Konsumsi vitamin C. Itu akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih siap melawan bakteri penyebab jerawat. Bagaimana memperoleh vitamin ini?
  • Konsumsi buah-buahan seperti jambu, kiwi, stroberi, jeruk.
  • Konsumsi sayuran berdaun hijau.
3. Hindari gorengan! Tahan diri untuk tidak mengkonsumsi gorengan. Makanan berminyak dan berlemak membuat jerawat rentan tumbuh. Hindari makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans.
  • Lemak jenuh berasal dari makanan hewani.
  • Lemak trans berasal dari minyak goreng, terutama gorengan, makanan olahan, cemilan dan makanan cepat saji.
4. Kurangi kafein. Kurangi minum kopi dan soda. Bila tak bisa lepas dari jenis minuman ini, pilihlah produk minuman bebas kafein. Mengapa harus mengurangi atau menghindari kafein? Karena itu bisa sebabkan beragam permasalahan kulit.

5. Kurangi minuman dan produk makanan mengandung susu terutama susu sapi dan kambing, keduanya sebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga kulit tubuh rentan berjerawat. Sebagai alternatif, konsumsi susu kedelai.

6. Istirahat dan olahraga. Hentikan kebiasaan begadang atau tidur larut malam. Pastikan tubuh peroleh waktu tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam. Jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga, aktifitas berkeringat sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Gaya Hidup & Pola Makan Sehat Atasi Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment