8 Makanan Sehat Yang Meningkatkan Daya Ingat Otak

Melatih otak setiap hari merupakan cara terbaik meningkatkan daya ingat. Selain itu, ada hal penting yang wajib dijaga, yaitu asupan makanan. Berdasarkan hasil studi para ahli kesehatan, makanan menunjang fungsi otak serta kemampuan daya ingat. Beberapa jenis makanan tertentu wajib dikonsumsi setiap hari karena mengandung nutrisi penting untuk otak. Berikut daftar makanan sehat yang meningkatkan daya ingat.

Brokoli
makanan meningkatkan daya ingat
Kandungan choline memacu pertumbuhan sel-sel otak baru serta menghubungkan saraf. Nutrisi penting lainnya adalah vitamin K yang meningkatkan kemampuan daya ingat. Makanlah satu cangkir brokoli 3 kali dalam seminggu.

Kunyit
makanan meningkatkan daya ingat
Bumbu dapur kaya kandungan curcumin yang mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Kunyit melindungi otak dari peradangan, oleh karena itu tambahkan ke makanan atau minuman favorit. Sertakan kunyit ke daftar bumbu menu makan harian.

Salmon
makanan meningkatkan daya ingat
Daging ikan salmon termasuk jenis makanan yang meningkatkan daya ingat karena kaya asam lemak omega 3, peningkat aliran darah ke otak dan mencegah peradangan. Kandungan docosahexaenoic acid juga bantu mencegah penyakit Alzheimer.

Tomat
makanan meningkatkan daya ingat
Kandungan lycopene melawan radikal bebas yang ingin merusak sel-sel otak. Mengonsumsi tomat setiap hari dalam keadaan mentah bantu mempertajam kemampuan daya ingat. Sajikan tomat sebagai jus, smoothie, lalapan ataupun salad.

Walnut
makanan meningkatkan daya ingat
Makanan ringan yang meningkatkan daya ingat karena kaya kandungan asam lemak omega 3 tertinggi dari jenis kacang lainnya. Menurut hasil studi, walnut meningkatkan peredaran nutrisi penting dan oksigen ke pembuluh darah otak. Kandungan vitamin B6 dan magnesium berfungsi melindungi otak.

Dark chocolate
makanan meningkatkan daya ingat
Kaya flavonoid yang meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Menurut penelitian, makan dark chocolate setiap hari meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan respon. Bila harganya terlalu mahal, jadikan coklat putih dan coklat susu sebagai alternatif pengganti.

Blueberry
makanan meningkatkan daya ingat
Kaya kandungan flavonoid yang melindungi otak dari ancaman berbahaya radikal bebas serta mengurangi potensi penyakit Alzheimer dan Parkinson. Makanlah satu setengah cangkir blueberry setiap hari agar mengurangi resiko kehilangan memori.

Bayam
makanan meningkatkan daya ingat
Kaya potassium yang meningkatkan kemampuan berpikir. Jenis makanan yang meningkatkan daya ingat karena kaya beragam senyawa antioksidan, pelindung sel-sel otak dari kerusakan. Nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan otak adalah magnesium, folate, vitamin E dan K.

8 Makanan Sehat Yang Meningkatkan Daya Ingat Otak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment