Cara Hebat Merawat Kulit Tetap Sehat

Menjaga kesehatan kulit itu mudah dan tak sesulit yang dibayangkan. Lalu, bagaimana sih cara merawat kulit agar tetap sehat?
gambar cara merawat kulit
Pertama-tama, kenali jenis kulit terlebih dahulu. Dalam ilmu kedokteran, kulit terbagi menjadi empat tipe, yaitu: kulit berminyak, kulit kering, kulit normal dan kombinasi dari ketiga tipe kulit. Selain empat jenis umum, ada pula tipe kulit sensitif. Setiap tipe memerlukan perawatan yang berbeda-beda.

1. Kulit kering
Biasanya, tipe ini tak mempunyai minyak dalam jumlah cukup dan tampak dehidrasi. Dalam kasus yang sangat parah, kulit kering tidak elastis dan sangat sensitif terhadap suhu dingin, angin dan sinar matahari. Cara merawat kulit kering yakni mencuci tubuh sehari sekali memakai pembersih lembut nan kaya nutrisi dan bilas pakai air hangat.

2. Kulit berminyak
Tipe ini selalu tampak basah, berminyak dan lebih rentan terhadap masalah kesehatan kulit, terutama jerawat dan komedo. Karena kulit lebih rentan kotor, cuci wajah dua kali sehari memakai pembersih lembut yang tak berbusa (non-foaming) dan air hangat.

3. Kulit normal
Meski dikatakan normal, tipe ini tetap rentan terhadap permasalahan kulit, entah itu kering ataupun berminyak. Masalah utama yang sering dihadapi seseorang berkulit normal adalah "T zone" atau zona T yang membentang antara daerah hidung, pipi dan kening. Perawatannya cukup mudah, cuci wajah dengan pembersih khusus untuk kulit normal.

4. Kulit kombinasi
Biasanya mengalami dua permasalahan secara bersamaan, entah itu berminyak ataupun kering. Bila kurang yakin dalam cara merawat kulit kombinasi, segera konsultasikan langsung ke dokter kulit karena permasalahan setiap orang itu berbeda-beda.

5. Kulit sensitif
Tipe ini sangat sensitif terhadap beberapa hal, entah itu cuaca dingin, angin, sinar matahari ataupun alergi terhadap produk kecantikan tertentu. Pertanda seseorang berkulit sensitif akan tampak berjerawat, terjadi peradangan, kemerahan dan muncul ruam-ruam. Cara merawat kulit sensitif berbeda-beda, tergantung masalah utama pasien. Pastinya dilarang memilih produk kesehatan kulit yang mengandung pewangi.

Setelah mengetahui tipe kulit, maka cara merawat kulit secara harian yaitu:

1. Lindungi kulit dari sinar matahari, gunakan lotion sunscreen dengan kandungan SPF 15 hingga 30. Oleskan ke permukaan kulit sebelum keluar rumah, terutama siang hari. Bila tak ingin repot, beli produk moisturizer yang mengandung sunscreen.

2. Cuci wajah secara teratur. Pilih produk pembersih wajah sesuai tipe kulit dan gunakan menurut anjuran yang tertera pada kemasan.

3. Lakukan eksfoliasi. Sebelum mencobanya, konsultasikan ke dokter kulit terlebih dahulu.

4. Gaya hidup sehat termasuk cara merawat kulit paling ampuh. Berhentilah merokok, terapkan pola makan sehat, masukkan sayuran dan buah-buahan ke dalam daftar menu harian. Jangan biarkan hidup dalam tekanan atau stres.

Cara Hebat Merawat Kulit Tetap Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment