9 Cara Mudah Merawat Rambut Tetap Sehat

Cara merawat rambut sebenarnya tak begitu sulit karena bisa diatasi dengan langkah-langkah tepat. Karena berasal dari protein, maka kebersihan dan pola makan sehat memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Berikut beberapa langkah tepat dalam merawat rambut, seperti:

gambar cara merawat rambut
1. Gunakan shampo berkualitas. Banyak orang enggan keramas terlalu sering karena membuat rambut menjadi rusak, kering dan berminyak. Beberapa orang malah keramas hanya dua kali dalam seminggu, padahal keramas dua hari sekali lebih direkomendasikan. Berikut beberapa tips memilih shampo:
  • Hindari memilih shampo yang mengandung paraben atau sulfat.
  • Pilih produk shampo yang sesuai jenis rambut.
2. Memakai kondisioner termasuk cara merawat rambut agar tetap sehat, pilih produk kondisioner berdasarkan jenis dan panjang rambut serta permasalahan kesehatan rambut. Berikan setelah keramas tapi ada beberapa ketentuan, seperti:
  • Berikan kondisioner sekali dalam seminggu.
  • Berikan menurut jenis rambut.
  • Hindari penggunaan produk yang mengandung banyak protein.
3. Jangan menyikat rambut terlalu sering. Sebenarnya, aktifitas menyikat rambut bantu merangsang rambut untuk tumbuh, namun bila terlalu sering justru akan merusak.

4. Biarkan rambut mengering secara alamiah. Setelah selesai mandi, keringkan rambut dengan kaos berbahan katun. Bila ingin memakai handuk, pilihlah yang terbuat dari bahan lembut. Handuk berbahan kasar bisa merusak rambut. Ketika rambut dalam kondisi basah, jangan disikat.
  • Jangan gunakan alat pengering rambut.
  • Bila mandi di malam hari, biarkan rambut kering secara alami.
5. Memotong rambut secara rutin termasuk cara terbaik merawat rambut. Tak perlu setiap bulan, cukup sekali dalam 6 hingga 8 minggu.

6. Bijaksana dalam mewarnai rambut, jangan terlalu sering karena berefek buruk bagi kesehatan rambut.

7. Tata rambut secara alami guna mengurangi efek buruk.
  • Jangan mewarnai, meluruskan atau mengeritingkan rambut secara terus menerus.
  • Jangan menata rambut dengan karet gelang karena bisa merusak atau merobek folikel rambut.
8. Berikan vitamin tepat untuk rambut, semua itu bisa diperoleh dari pola makan sehat dengan gizi seimbang dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Pastikan tubuh memperoleh vitamin C, zat besi, zat seng (zinc) dan asam lemak omega 3.

9. Menghindari stres merupakan cara merawat rambut yang paling sederhana. Bila dalam keadaan stres, rambut mudah rontok. Guna menghilangkan stres, lakukan olahraga atau yoga.

9 Cara Mudah Merawat Rambut Tetap Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment